Micro Servo SG90

Kali ini saya akan membahas mengenai Mikro Servo SG90. Servo ini memiliki dimensi yang cukup kecil dengan panjang 22.2 mm, lebar 11.8mm, dan tinggi 31 mm dengan material terbuat dari plastik. Untuk putaran sendiri, servo ini hanya dapat berputar lebih kurang sebesar 180 derajat (saya menyebut lebih kurang karena pada beberapa device putaran bisa lebih dari 180 derajat, tapi tidak banyak sih.. bisa kurang/lebih 5 derajat). Jika kalian membutuhkan servo dengan kepresisian yang lebih tinggi bisa menggunakan tipe servo yang lain. Pada dasarnya, untuk menggerakkan servo kita membutuhkan sinyal PWM ya gan. jadi servo ini tidak bisa kalian coba hanya dengan menggunakan tegangan dc biasa. 
Untuk lebih jelasnya yuk kita lihat datasheetnya dibawah ini.

Untuk SG90 ini memiliki 3 kabel yaitu VCC (+), GROUND (-), dan PWM. Nah, lalu bagaimana menggerakkan/mengontrol servo ini?
dalam datasheet dijelaskan untuk menuju posisi "0" kita harus memberikan pulsa sebesar 1.5 ms (posisi "0" yang dimaksud disini adalah posisi di tengah-tengah antara 0 derajat hingga 180 derajat, lihat ilustrasi di bawah)
Untuk menggerakkan servo ini kita harus memberi sinyal pwm antara 0.5 ms sampai 2.5 ms.
  • 0.5 ms (5V) = menggerakkan servo ke posisi 0 derajat
  • 1.5 ms (5V) = menggerakkan servo ke posisi 90 derajat (posisi tengah servo / "0")
  • 2.5 ms (5V) = menggerakkan servo ke posisi 180 derajat
Untuk Lebih jelasnya kita coba menggunakan arduino. Ketik program dibawah ini
Sambungkan servo dengan arduino
  • merah >> 5V
  • coklat >> gnd
  • orange >> 9 (data)
Pada program kita memberikan delay sinyal sebesar 2500 microsecond (2.5 ms) sehingga jika program kita upload ke board, servo akan bergerak ke arah 180 derajat. Jika kalian mengubah nilai 2500 menjadi 500 maka servo akan bergerak pada posisi 0 derajatnya. Lalu bagaimana untuk menggerakkan ke arah / sudut tertentu? kalian bisa mengkalkulasinya.

Selain itu, arduino juga menyediakan library servo yang siap di pakai. Untuk mencobanya kalian bisa buka program example di arduino. klik File - Examples - Servo - Sweep
maka akan muncul program seperti di bawah ini
Upload dan servo akan bergerak bolak balik.

No comments:

Post a Comment