AT Commands Bluetooth HC05

Pada tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengubah setting bawaan dari bluetooth HC05 melalui AT command. Setting bawaan yang dimaksud disini antara lain nama bluetooth, password, dan baudrate nya. Defaultnya, nama dari bluetooth adalah HC05 dengan password 1234 dan baudrate sebesar 9600. Nah, dengan menggunakan AT Commands ini memungkinkan kita untuk mengganti baik nama, password dan baudratenya. Untuk masuk ke command mode kita membutuhkan sebuah board arduino. Disini sy akan menggunakan arduino uno. Berikut langkah-langkah untuk masuk ke mode command.

1. Ketikkan program di bawah ini pada arduino IDE. kemudian upload pada arduino board.



2. Sambungkan arduino dengan bluetooth seperti skema berikut. Cabut usb pada komputer/ arduino saat menyambungkan/ merangkai bluetooth dengan arduino.
 3. Ketika sambungan bluetooth dan arduino sudah benar, skr saatnya menancapkan usb ke komputer kembali. Saat menghubungkan USB ke komputer, tekan tahan tombol kecil yang berada pada bluetooth hingga led yang ada di bluetooth berkedip kedip pelan (delay sekitar 2 detik).

4. Kemudian buka serial monitor pada arduino IDE. Akan muncul seperti gambar berikut.
5. Ketikkan AT dan tekan SEND (jangan menggunakan enter). Jika Sukses maka akan muncul tulisan OK seperti di bawah ini. Jika Tidak muncul respon OK atau Error maka periksa kembali TX dan RX nya. Pastikan baudrate pada serial monitor 9600.
Berikut commands untuk mengubah setting yang lain :
  • AT+NAME=namabluetooth    : untuk mengubah nama bluetooth
  • AT+PSWD=9999                   : mengubah password (langsung masukkan password yang baru)
  • AT+ORGL                            : untuk mengembalikan ke seting awal
  • AT+VERSION?                      : untuk melihat versi dari bluetooth
  • AT+UART=38400,1,0          : mengganti baudrate ke 38400 dengan 1 stop bit dan 0 parity

3 comments:

  1. Makasi infonya admin , salam kenal kalau bisa mampir ke Web ane juga

    ReplyDelete
  2. Gan kok di saya masih belom respon padahal dah benar semua pin nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba hold button resetnya sedikit lebih lama gan, awal2 nyoba saya juga ngga respon. eh masalahnya cuma di saat tekan tahan tombol saat menyambungkan ke usb

      Delete