Setting Digital Timer ON OFF (LOP, CL, OP)

Tutorial kali ini saya akan share bagaimana setting parameter pada timer digital. Untuk review lebih lengkap mengenai jenis timernya bisa cek link ini ya..

Di tutorial ini saya membaginya menjadi 2, yaitu menggunakan beban DC dan AC. Yuk langsung saja

Mengontrol Beban DC
Disini saya menggunakan fan/kipas komputer yang berukuran 8x8 cm.
Hasil yang saya inginkan adalah ketika tombol ditekan, fan diam selama 5 detik baru kemudian fan berputar selama 10 detik.

Alat dan bahan
  • Adaptor 12V
  • Push Button
  • Timer
  • Fan/Kipas 12V
  • Kabel
Wiring
Buat rangkaian seperti gambar di bawah ini.


Setting Parameter
  1. Nyalakan timer, tunggu hingga tampilan pada led 000
  2. Tekan tahan tombol SET selama kurang lebih 2 detik
  3. Pilih Mode P-2 (tekan UP/Down untuk memilih)
  4. Tekan SET, akan Muncul tampilan OP, 
  5. Tekan UP/Down untuk mengatur nilai relay aktif (10 detik)
  6. Tekan SET, akan muncul tampilan CL
  7. Tekan UP/Down untuk mengatur nilai relay off (5 detik)
  8. Kemudian tekan tahan tombol SET selama kurang lebih 2 detik
  9. Tunggu tampilan led 000
  10. Selesai

Mengontrol Beban AC
Untuk yang beban AC, disini saya menggunakan lampu 220V yang biasa dipasang di rumah-rumah. Kali ini lampu akan saya kontrol dengan sekali menekan tombol, lampu akan menyala selama 5 detik kemudian akan mati selama 10 detik dan akan berulang sebanyak 7 kali. 

Alat dan Bahan
  • Lampu 220V AC + fitting
  • Steker
  • AC to DC Converter (saya menggunakan yang outputnya 5V)
  • Push Button
  • Kabel

Wiring
Buat rangkaian seperti di bawah ini



 
Setting Parameter
  1. Nyalakan timer, tunggu hingga tampilan pada led 000
  2. Tekan tahan tombol SET selama kurang lebih 2 detik
  3. Pilih Mode P3.1 (tekan UP/Down untuk memilih)
  4. Tekan SET, akan Muncul tampilan OP, 
  5. Tekan UP/Down untuk mengatur nilai relay aktif (5 detik)
  6. Tekan SET, akan muncul tampilan CL
  7. Tekan UP/Down untuk mengatur nilai relay off (10 detik)
  8. Tekan SET, akan muncul tampilan LOP
  9. Tekan UP/Down untuk mengatur jumlah perulangannya (7 detik)
  10. Kemudian tekan tahan tombol SET selama kurang lebih 2 detik
  11. Tunggu tampilan led 000
  12. Selesai

1 comment:

  1. Jumlah perulangan apakah bisa dibuat tanpa henti karna diatas hanya dituliskan 7 detik , misalkan saya mau beban AC terus menerus bekerja loop tanpa henti on 5detik off 5detik

    ReplyDelete